Kemasan, Packaging barang kiriman cargo

TPM CARGO LOGISTIK

Berikut beberapa hal tentang kemasan, packaging, packing barang :

 1.      Kegunaan Kemasan
Istilah kemasan (package) memiliki pengertian sebagai wadah atau media untuk menyimpan barang guna menjaga kualitasnya. Secara umum manfaat yang dapat diperoleh dalam hal penggunaan kemasan dalam perdagangan, adalah :

a.      Melindungi fisik barang dari kerusakan fisika, kimiawi dan mikrobiologi (contoh: barang-barang yang bersifat perishable)

b.      Sebagai media penyimpanan dan pengangkutan (contoh: drum, tanki, gallon, dan sebagainya)

c.      Sebagai alat penghemat ruangan atau space tempat (contoh: penempatan botol-botol pada rak atau krat akan lebih menghemat ruangan).

d.      Sebagai alat pemberi informasi dan sekaligus promosi (contoh: Barang elektronik yang dikemas dalam karton-karton khusus dan diberi identitas menarik).

2.      Jenis Kemasan
Adapun jenis-jenis kemasan baik bentuk maupun bahan pembuatannya yang umum dipakai dalam perdagangan internasional, antara lain adalah :

a.      Boks (box)
Pada umumnya terbuat dari bahan kertas karton baik yang polos maupun karton bergelombang (corrugated)

b.      Peti (crate) , tong kayu, pallet , dunnage  yang terbuat dari kayu.
Pada umumnya bahan pembuat kemasan kayu tersebut berasal dari kayu mentah dan bermutu rendah sehingga sangat berpotensi menjadi media pembawa organisme pengganggu tumbuhan, seperti: serangga penggerek, dan beberapa cendawan. Dalam perdagangan internasional, beberapa negara menerapkan syarat-syarat dan tindakan karantina tumbuhan yang cukup ketat terhadap kemasan kayu tersebut.

c.      Drum, silinder, tanki, bejana dan alat pengemas lain.
Pada umumnya terbuat dari bahan logam ataupun dari bahan plastik. Jenis pengemas ini digunakan untuk mengemas benda-benda cair maupun gas.

d.      Rak, krat dan kontainer, baik yang terbuat dari logam maupun dari plastik. Penggunaannya terutama sebagai pengemas botol-botol maupun silinder, agar ruangan penyimpanan dapat lebih dihemat.

e.      Karung (bag), kantung (pouch)
Baik yang terbuat dari serat goni maupun dari aneka jenis plastik. Penggunaannya adalah untuk mengemas barang-barang dalam bentuk curah (bulk). misalnya semen,  tepung,  pupuk,  beras,  gula,  dan lain-lain.

f.       Bundle
Istilah bundle adalah pengemas yang berfungsi untuk menyatukan sejumlah barang agar tidak tercerai-berai (contoh: pipa-pipa, kayu-kayu gergajian, dan sebagainya)

g.      Reel dan Roll
Pada umumnya terbuat dari kayu dan kegunaannya khusus untuk menggulung benda-benda yang sangat panjang (contoh: kabel, pelat lembaran dan sebagainya).

h.      Bales
Pembungkus barang dibuat dari  kanvas dan diikat dengan metal atau tali. Misalnya untuk  pengemas  kapas,  karet,  goni,  dan lain-lain.

Untuk keamanan barang kiriman anda dalam proses pengiriman, sesuaikan packing dengan kriteria dan spesifikasi barang yang akan dikirimkan.

PACKAGING TPM CARGO LOGISTIK

Kami melayani :

Hubungi Kami :

Tel. : 0852-19199-443 
Jl. Teratai Blok 18/132 Klender
Jakarta - Timur
share