Stasiun Manggarai Jakarta Selatan

Stasiun Manggarai adalah stasiun kereta api terbesar di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia yang terletak di Manggarai, Tebet Jakarta Selatan. 

Stasiun ini memiliki jalur hampir sebanyak stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini kebanyakan hanya melayani kereta komuter tujuan Bogor, Depok, Jatinegara, Jakarta Kota, dan Bekasi. 

CARGO KERETA API - TPM LOGISTIK

Letak stasiun berada di persimpangan tujuh: ke Jatinegara, Jakarta Kota, Tanah Abang, Bogor, dipo KRL Bukit Duri, Pengawas Urusan Kereta, serta Balai Yasa Manggarai. Stasiun Manggarai mempunyai 10 jalur kereta api. 

Di stasiun ini dibangun underpass seperti di Stasiun Pasar Senen, supaya memudahkan untuk mencapai peron dan tak ketinggalan kereta api. Tidak ada kereta api jarak jauh berhenti di stasiun ini, kecuali jika terjadi persilangan atau penyusulan kereta api.

Stasiun Manggarai menjadi tempat penyimpanan rangkaian kereta api jarak jauh seperti Kereta api Jayabaya, Kereta api Gaya Baru Malam Selatan, Kereta api Majapahit, Kereta api Brantas, dan Kereta api Bangunkarta. Rangkaian kereta api ini biasanya disimpan di sepur simpan Stasiun Manggarai. 

Meksipun menjadi tempat penyimpanan rangkaian, stasiun ini tidak melayani penumpang kereta api tersebut.
(Wikipedia)

Disekitar stasiun manggarai banyak terdapat ekspedisi pengiriman barang yang melayani rute pengiriman meliputi wilayah jawa, bali bahkan sampai ke kalimantan dan sulawesi.

Selain memanfaatkan jasa pengiriman via kereta api, jasa pengiriman tersebut juga menggunakan moda transportasi darat lainnya seperti truk dan mobil angkutan barang lainnya 



share share